Senin, 20 Juni 2016

Eksperimen Kartu dan Air

Hai sobat science,,,,!!!
Kali ini kita akan melakukan suatu percobaan yaitu "Eksperimen Kartu dan Air". Percobaan ini tergolong percobaan yang sederhana dan tidak memerlukan waktu lama, percobaan ini juga tidak memerlukan alat-alat laboratorium ataupun cairan-cairan kimia berbahaya, jadi anak-anak pun bisa melakukan.Tujuan dari percobaan ini adalah menggambarkan perbedaan antara tegangan permukaan dengan tekanan udara.


Oke, berikut adalah alat dan bahan yang kamu perlukan:

1. Gelas minum kaca
2. Air
3. Kartu mainan yang cukup tebal dan besar untuk menutup mulut       gelas





Cara kerja:
1. Isi gelas dengan air sampai penuh
2. Letakkan kartu di atas mulut gelas
3. Pegang kartu dan balikkan gelas dengan cepat
4. Lepaskan tanganmu dan perhatikan apa yang terjadi





Air dalam gelas tidak akan tumpah karena kartu mainan tetap berada pada tempatnya. Hal ini terjadi karena tegangan permukaan diantara gelas dan air, dan di antara air dengan kartu menyebabkan kartu tetap berada di tempatnya. 


Selain itu, tekanan udara juga berpengaruh dalam percobaan kali ini. Pada saat gelas dibalikkan ada beberapa tetes air yang keluar sehingga menyebabkan volume udara dalam gelas menjadi bertambah. Dengan bertambahnya volume udara dalam gelas, tekanan udara dalam gelas akan semakin turun. Dengan begitu udara dari luar gelas akan menekan kartu ke atas sehingga kartu tidak terjatuh.

Sekarang cobalah mengisi gelas dengan volume air yang berbeda dan ganti kartu mainan dengan benda lain. Apakah yang terjadi?

Bagaimana? Ajaibkan kan? Itulah keajaiban dari sains, mungkin di luar sana ada pesulap yang menggunakan teknik ini dan sekarang kamu sudah mengetahuinya.

Oke, sekian dulu untuk percobaan kali ini, jangan lupa comment ya....



Baca juga: 

Kemagnetan Bumi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar