Minggu, 12 Juni 2016

Perbedaan antara Cahaya Bintang dan Planet Dilihat pada Malam Hari


Bagi sebagian orang, semua titik cahaya kecil yang ada di langit malam merupakan bintang-bintang. Namun, dibalik banyaknya bintang-bintang yang bertaburan, terdapat planet-planet yang tampak cukup terang sehingga cahayanya dapat sampai ke bumi dan dapat dilihat oleh mata telanjang.Planet-planet utama yang dapat diamati dengan jelas antara lain Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Untuk dapat mengamati planet-planet tersebut sebaiknya kita mengetahui perbedaan bintang dan planet. Pada dasarnya perbedaan antara bintang dan planet ialah sumber cahayanya, bintang dapat menghasilkan cahayanya sendiri sedangkan planet hanya memantulkan cahaya dari bintang (matahari). Akan tetapi, kita tentu tidak dapat membedakan antara benda yang menghasilkan cahaya sendiri dengan benda yang hanya memantulkan cahaya dari matahari apabila kita melihat dari bumi. Untuk itu kita harus tahu perbedaan bintang dengan planet apabila dilihat dari bumi pada malam hari. Berikut bisa dibaca perbedaannya:


1. Cahaya bintang tampak berkelap-kelip
Jika dilihat, cahaya dari planet tampak terus bersinar, sedangkan cahaya bintang relatif berkelap-kelip. Hal ini karena cahaya bintang telah menempuh jarak yang sangat jauh dan terus melemah sehingga cahaya bintang mudah terganggu oleh turbulensi udara. Turbulensi udara ini dapat membiaskan cahaya bintang sehingga tampak berkelap-kelip. Namun, apabila kita berada di daerah bersuhu dingin dengan molekul udara yang relatif stabil maka cahaya bintang akan tampak tidak berkelap-kelip. Hal ini juga menjadi alasan, mengapa di tempat tinggi seperti pegunungan bintang tampak tidak berkelap-kelip.

2. Cahaya planet tampak lebih terang dan lebih besar dibandingkan dengan cahaya bintang
Mengapa? hal ini karena jarak planet dengan bumi jauh lebih dekat daripada jarak bintang dengan bumi. Titik cahaya yang kita sebut dengan "bintang kejora" sebenarnya bukanlah bintang, namun titik cahaya tersebut merupakan planet Venus yang memantulkan cahaya dari matahari. "Bintang Kejora" ini tampak lebih besar dan bersinar karena terletak sangat dekat dengan bumi (jika dibandingkan dengan jarak bumi ke bintang) jaraknya sekitar 41 juta Km.

3. Planet tampak bergerak terhadap latar belakang bintang lain
Apabila kita teliti, maka kita dapat melihat bahwa posisi planet akan berpindah dari hari ke hari, hal ini karena planet juga ikut berrevolusi mengelilingi matahari dengan kecepatan yang berbeda-beda.

Untuk membedakan antara planet dan bintang sebaiknya mengamati ketiga hal diatas, namun yang paling akurat adalah cara yang ketiga (mengamati posisi bintang dan planet dari hari ke hari).

Sekian terima kasih, semoga bermanfaat.......





Baca juga:

Permintaan, Penawaran, dan Harga Keseimbangan 
Tektonisme sebagai Tenaga Endogen










Tidak ada komentar:

Posting Komentar